Rule of Thirds


Bagi kebanyakan orang yang pertama kali memegang kamera digital baik itu kamera poket atau DSLR, hal yang pertama kali dipelajari adalah bagaimana mengambil gambar secara baik dan benar. Salah satu hal yang harus dimengerti oleh seorang fotografer adalah "Rule of Thirds".

Apa itu Rule of Thirds?
Prinsip dasar Rule of Thirds adalah membagi gambar menjadi 3 bagian vertical dan 3 bagian horisontal dan akhirnya kita mempunyai total 9 bagian.

Kita dapat membayangkan pada LCD atau viewfinder sebuah kamera ketka mengambil gambar atau foto, atau pada beberapa tipe kamera sudah ada fasilitas grid yang mendukung "Rule of Thirds". Sehingga kita juga dapat menempatkan objek pada 4 posisi yaitu pada perempatan garis vertical dan horisontal.
Selain itu kita juga dibantu dengan 4 garis yang berguna untuk elemen dalam fotografi
Teorinya adalah menempatkan objek pada keempat titik tadi sehingga foto lebih seimbang dan interaksi dengan mata lebih natural. Studi kasus menyatakan bahwa seseorang lebih menyukai titik garis pemotongan daripada di tengah.

Rule of Thirds memang mudah untuk dipelajari, namun bagi fotografer pemula perlu beberapa waktu dan praktek agar dapat menggunakannya secara natural
Dalam menggunakan Rule of Thirds ini ada 2 pertanyaan penting, yaitu
  1. Apa objek yang akan dijadikan point of interest?
  2. Di mana saya akan meletakkannya?
Terakhir, setelah kita melakukannya dengan kamera hal berikutnya adalah menjadikan dasar untuk melakukan proses editing dengan software. Banyak software yang mempunyai fasilitas cropping, positioning, rotate dan sebagainya dan mendukung Rule of Thirds.
SHARE

Unknown

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 Commen(s):

Posting Komentar